Rabu, 23 Oktober 2019

Pembelajaran komputer buat anak usia dini

Pembelajaran komputer buat anak usia dini



{Si|Kecil|Buah|Hati} {umur} dini {adalah|ialah|yaitu|yakni} {si kecil|buah hati} yang unik, {si kecil|buah hati} {umur} dini {mempunyai} potensi {semenjak} {si kecil|buah hati} dilahirkan, sebagai guru dan orang tua hendaknya kita {bisa} memahami hal ini, {karenanya} dari itu pengembangan potensi pada {si kecil|buah hati} {amat|benar-benar|sungguh-sungguh|betul-betul} {dibutuhkan}, {tiap|tiap-tiap} {si kecil|buah hati} {adalah|ialah|yaitu|yakni} {si kecil|buah hati} yang cerdas. seiring dengan perkembangan zaman {kualitas|kwalitas} dan {mutu|kwalitas} {pengajaran} {kian} meningkat, {demikian itu|semacam itu|seperti itu} juga dengan perkembangan teknologi, {si kecil|buah hati} {umur} dini {adalah|ialah|yaitu|yakni} generasi penerus bangsa yang akan menghadapi {pelbagai|beragam|bermacam-macam|beraneka|bermacam|berjenis-jenis} perubahan dunia, dengan berkembangnya ilmu {karenanya} akan {kian} tinggi pula pemikiran orang utuk {mewujudkan|menjadikan|menghasilkan} teknologi baru, {supaya} {si kecil|buah hati} {bisa} menghadapi {pelbagai|beragam|bermacam-macam|beraneka|bermacam|berjenis-jenis} perkembangan global yang {kian} tinggi {karenanya} {amat|benar-benar|sungguh-sungguh|betul-betul} perlu bagi {si kecil|buah hati} untuk {mengetahui} {pelbagai|beragam|bermacam-macam|beraneka|bermacam|berjenis-jenis} teknologi mulai dari {kini}
Banyak orang {beranggapan} bahwa computer sebaiknya belum {diberi|dikasih} pada {umur} dini, {sebab} memaksa {si kecil|buah hati} untuk menjangkau tahap {berdaya upaya} operasional konkrit sembentara mereka baru pada tahap simbolik. Akan {tapi|melainkan|namun} penlitian-penelitian {menonjolkan|menampakkan|memperlihatkan|menampilkan} sebaliknya. Mereka lebih kompeten dalam {berdaya upaya} secara konkrit dan {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} simbolisme dari pada sebelumnya.
{Berdasarkan} Penelitian “Hugland, 2000” bahwa bagi {si kecil|buah hati} {umur} 3 dan 4 tahun, komputer {mempunyai} manfaat dalam mempertinggi kreativitas, intelegensia, keterampilan nonverbal, pengetahuan structural, {daya ingat|memori} {rentang|bentang} panjang, kecekatan tangan, keterampilan {lisan}, penyelesaian {persoalan|problem|dilema|keadaan sulit|situasi sulit|permasalahan} abstraksi, keterampilan konseptual dan harga diri. {Padahal|Meskipun|Walaupun|Meski} untuk {si kecil|buah hati} taman kanan-kanan dan SD {permulaan} {ialah|merupakan|yaitu|yakni} meningkatkan keterampilan motorik, mempertinggi {berdaya upaya} matematis, meningkatkan kreatibvitas, {poin|nilai} {percobaan} yang tinggi pada {berdaya upaya} kritis dan penyelesaian {persoalan|problem|dilema|keadaan sulit|situasi sulit|permasalahan}, effectance motivation –keyakinan bahwa mereka {bisa} {mengubah} atau {memberi pengaruh} lingkungan mereka, serta meningkatkan {poin|nilai} {pengukuran|pengevaluasian} bahasa
.
Komputer {mempunyai} {akibat|pengaruh|imbas} bagi {si kecil|buah hati}, {saat|dikala} komputer memberikan pengalaman konkret, {si kecil|buah hati}-{si kecil|buah hati} bebas {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} dan {mengendalikan|mengatur|memegang|membatasi} pengalaman belajar {hal yang demikian}, {si kecil|buah hati} dan guru belajar bersama, guru {mendukung|menunjang|menyokong|mensupport} {pendidikan} {sahabat} {sepermainan} dan guru {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} computer untuk {mengajari} gagasan-gagasan yang {amat|benar-benar|sungguh-sungguh|betul-betul} kuat.
Banyak penelitian yang {menonjolkan|menampakkan|memperlihatkan|menampilkan} bahwa computer {mempunyai} manfaat bagi pengembangan potensi {si kecil|buah hati} {umur} dini. {Tak} ada salahnya {kalau|jikalau|bila|apabila|seandainya|sekiranya} computer menjadi salah satu alternative –tanpa {mengabaikan|menyampingkan|memungkiri|melalaikan|mengacuhkan} bahan-bahan tradisional lainnya—dalam {pengajaran} {si kecil|buah hati} {umur} dini. {Sebab} {umur} dini {adalah|ialah|yaitu|yakni} {umur} kritis untuk {mengoptimalkan|memaksimalkan} potensi-potensi yang dimiliki {si kecil|buah hati} sehingga perlu difasilitasi {supaya} {mendapatkan|mendapat} hasil yang {maksimal}.
Interaksi {si kecil|buah hati} dengan komputer
{Berdasarkan} Haugland, 2000 “{umur} tiga dan empat tahun {ialah|merupakan|yaitu|yakni} {umur} yang siap untuk mengeksplorasi komputer . Mereka {memerlukan} banyak waktu untuk bereksperimen dan eksplorasi.”
Pada {mulanya} {si kecil|buah hati}-{si kecil|buah hati} {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} komputer dengan bantuan orang dewasa. Mereka lebih perhatian, lebih {ketertarikan|atensi} dan berkurang frustasinya {saat|dikala} orang dewasa ada bersamanya. Pada tingkat {selanjutnya}, mereka {telah} mulai {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} software. CAI {adalah|ialah|yaitu|yakni} {metode|cara} komputer yang {bisa} {memperkenalkan|memberi tahu|menyajikan|mempersembahkan} {pendidikan} secara {lantas|segera|seketika} {terhadap} {si kecil|buah hati} {lewat|via|melewati} interaksi dengan mata {pembelajaran} yang diprogramkan ke dalam {metode|cara} (Sujana & Rivai, 1989). Komputer {bisa} sebagai tutor, konsep, {info|berita|kabar|isu}, keterampilan, latihan dan praktek, menemukan, simulasi dan permainan (Sujana & Rivai, 1989; Kleifgen, 1989).
{Berhubungan|Terkait} dengan {alternatif|opsi} {si kecil|buah hati} {hal yang demikian}, {karenanya} implikasinya {ialah|merupakan|yaitu|yakni} kita {seharusnya|semestinya|patut|sepatutnya|wajib|mesti} memilih software yang {bermutu|berkwalitas}, {adalah|ialah|merupakan|yakni}:

(1) {objek} dan tindakannya bermakna untuk {si kecil|buah hati}

(2) {menonjolkan|menampakkan|menunjukkan|menampilkan} hasil dari kerja {si kecil|buah hati}-{si kecil|buah hati} dan {bisa} {menaruh} serta mencetak hasil kerjanya

(3) menyediakan eksplorasi terbuka atau setidaknya {memperbolehkan|membolehkan|mengizinkan|memperkenankan} adanya {sebagian} jawaban yang benar

(4) {dioptimalkan|dimaksimalkan} {menurut} perkembangan penelitian pada {si kecil|buah hati}-{si kecil|buah hati}.



{Dampak|Akibat|Imbas} komputer bagi {Si|Kecil|Buah|Hati}
a. Interaksi Sosial
{Persoalan|Problem|Dilema|Keadaan|Sulit|Situasi|Sulit|Permasalahan} yang {acap kali|sering kali|tak jarang|kerap|kerap kali} diperdebatkan {ialah|merupakan|yaitu|yakni} bahwa {penerapan|pemakaian|pengaplikasian} komputer akan {membikin} {si kecil|buah hati} {tak} {bisa} mengadakan interaksi sosial. {Tapi|Melainkan|Namun} disisi lain terdapat {anggapan} yang {mengungkapkan|mengucapkan|menyuarakan} bahwa komputer {adalah|ialah|yaitu|yakni} katalis yang potensial bagi interaksi sosial.
Munculnya interaksi sosial tergantung pada karakteristik {si kecil|buah hati} –{umur}, pengalaman dan perbedaan individual – dan juga {elemen|unsur} lingkungan seperti dorongan guru dan program komputer yang {diterapkan|dipakai|diaplikasikan}.
{Umur} dan pengalaman {memberi pengaruh} interaksi sosial {si kecil|buah hati}. Menariknya pola perkembangan {timbul} {bagus} pada {jenjang|tahapan|level} perkembangan dari yang paling muda ke yang paling tua {ataupun} dengan pengalaman pada lingkungan komputer seperti logo. Pola {hal yang demikian} {mencakup} {konsentrasi} egosentris, {ditiru|dicontoh} oleh orientasi pada {sahabat} {sepermainan} dalam {menolong} dan {mendidik} dan {alhasil|akibatnya|hasilnya|kesudahannya|walhasil} bekerjasama dengan {sahabat} {sepermainan} dan mandiri dari {nasihat|nasehat|pengarahan|tuntunan} orang dewasa
b. Sikap dan Harga Diri
{Metode|Sistem} kerja baru dengan komputer akan membangkitkan {semangat} {si kecil|buah hati} dalam belajar. Mereka {tampak|kelihatan|nampak|menonjol} antusia, {mempunyai} rasa {berharap|mau|berkeinginan} tahu, {senang|bahagia|berbahagia|bergembira|bersuka ria|bersuka cita}, lebih aktif, positif dan {fokus} yang lebih tinggi. Pada {sebagian} penelitian {menonjolkan|menampakkan|memperlihatkan|menampilkan} bahwa {berprofesi} dengan komputer {menciptakan|mewujudkan|menjadikan} sikap positif {kepada} menulis, komitkmen yang kuar {kepada} {pelajaran} dan sikap yang {bagus} {kepada} guru. {Penerapan|Penggunaan|Pemakaian|Pengaplikasian} ini menjadi bukti bahwa dengan komputer sikap {kepada} {pelajaran} {kian} tinggi.
c. Kompetensi Komunikasi
{Kemampuan|Kesanggupan|Kecakapan} komputer juga {berdampak|berakibat|berimbas} {kepada} komunikasi yang {mencakup} {berbincang-bincang|berdialog|berdiskusi|mengobrol}, membaca dan menulis. Sikap positif dan meningkatnya interaksi sosial {membimbing|menasihati|menasehati|menuntun|memberi bimbingan|memberi nasihat|memberi nasehat|memberi pengarahan|memberi tuntunan|memberi arahan} pada peningkatan {penerapan|pemakaian|pengaplikasian} bahasa.
d. {Pengajaran|Pendidikan} Matematika
{Kemampuan|Kesanggupan|Kecakapan} komputer dalam matematika {menurut} pada dua teori. Teori skill transmition {mengungkapkan|mengucapkan|menyuarakan} bahwa {si kecil|buah hati} secara pasif {mengabsorpsi|meresap} kumpulan kejadian-kejadian yang ditemukan orang lain dan merekam dalam teks atau {dikenal} dari orang dewasa.
e. {Pengajaran|Pendidikan} {Aktivitas|Kegiatan|Kesibukan} Solving
{Semisal|Seumpama|Misalnya|Umpamanya|Contohnya} komputer {persoalan|masalah|dilema|keadaan sulit|situasi sulit|permasalahan} solving {mewujudkan|menjadikan|menghasilkan} suatu {semangat} tingkat tinggi, {mendukung|menunjang|menyokong|mensupport} {si kecil|buah hati} untuk {membikin} {alternatif|opsi}, {menentukan|menetapkan|memastikan|mempertimbangkan}, {merubah} {taktik} dan {konsisten} bertahan. Penampilan tertinggi pada {percobaan} hasil {berdaya upaya} kritis. Dengan {metode|sistem} yang sama, {sebagian} penelitian {menyatakan|mengucapkan|menyuarakan} bahwa program logo {ialah|merupakan|yaitu|yakni} {aktivitas|kesibukan} yang menarik bagi {si kecil|buah hati}-{si kecil|buah hati} kecil, {menolong} perkembangan tingkat tinggi dalam {mengatasi|memecahkan|menuntaskan} {persoalan|problem|dilema|keadaan sulit|situasi sulit|permasalahan}. {Dapat|Bisa}, {si kecil|buah hati}-{si kecil|buah hati} prasekolah dan SD {permulaan} meningkatkan {kesanggupan|kecakapan} untuk memantau pikiran mereka, {adalah|ialah|merupakan|yakni} untuk menyadari kapan mereka {tak} memahami atau kapan mereka perlu memikirkan.
{Analisis|Analisa|Analitik|} di tarik {ikhtisar|inti sari|rangkuman|resume|ringkasan|rumusan|simpulan} bahwa, {pelajaran} komputer pada aud {telah} {dibutuhkan} {ketika|dikala} {kini} ini {supaya} {si kecil|buah hati} juga {bisa} menjadi generasi yang {tak} {ketinggalan} dengan kemajuan zaman, {supaya} {si kecil|buah hati} {bisa} mengahdapi dunia untuk kedepanya, yang {kian} berkembang, dan {supaya} {si kecil|buah hati} {bisa} menjadi seorang yang ilmiah dengan menemukan teknologi-teknologi yang baru, {tapi|tetapi|melainkan} hal ini {bisa} {terbentuk} {jika|kalau|jikalau|bila|seandainya|sekiranya} {semua|segala} agen {pengajar} memahami akan teknologi dan kebuthan serta perkembangan {si kecil|buah hati} itu sendiri, seperti orang tua hendaknya memahami sejauh mana {si kecil|buah hati} {diperkenalkan|diberi tahu|disajikan|disampaikan|dipersembahkan} denganh komputer dan bagiman pula dengan pemahaman orang tua {perihal|seputar} komputer itu sendiri, {demikian itu|semacam itu|seperti itu} juga dengan guru, dan masyarakat, bagaimana {si kecil|buah hati} akan {dapat} memahami komputer {jika|kalau|jikalau|bila|seandainya|sekiranya} gurunya {tak} {sanggup|cakap|kapabel} dalam mengaplikasikanya, dan {supaya} komputer itu benar-benar menjadi media yang {berkhasiat|berguna} bagi ank masyarakat juga {seharusnya|semestinya|patut|sepatutnya|wajib|mesti} memahami hal-hal pa yang perlu dan yang {tak} {sesuai|cocok|layak} {dikenal} {si kecil|buah hati}, {berikutnya} {jika|kalau|jikalau|bila|seandainya|sekiranya} komputer ini benar-benar dipergunakan sebagai media {pengajaran} {karenanya} {dibutuhkan} pengembangan program yang bertemakan {pengajaran}.
{Artikel|Tulisan} {kepada} {Pelajaran|Pembelajaran} “Pentingnya {Anak|Si|Kecil|Buah|Hati} Komputer {Si|Kecil|Buah|Hati} {Umur} Dini “
Seringkali {pelajaran} komputer {cuma} {adalah|ialah|yaitu|yakni} {aktivitas|kesibukan} ekstrakurikuler yang {diberi|dikasih} seminggu sekali selama kurang lebih 30 menit. Kadang-kadang tujuan adanya {pelajaran} komputer {bahkan|malah|malahan} {cuma} untuk menarik perhatian {orang tua|ayah dan ibu|ayah dan bunda|bapak dan ibu} {supaya} {si kecilnya|buah hatinya} sekolah di {daerah} {hal yang demikian}.

www.itechcourse.com

Sekolah (TK atau play grup) sebagai {institusi} yang {diandalkan} masyarakat untuk {mengajar} {si kecil|buah hati}-{si kecilnya|buah hatinya}, {mempunyai} tanggungjawab besar untuk memfasilitasi perkembangan {si kecil|buah hati}. Salah satu yang {bisa} {dilaksanakan|dijalankan|dikerjakan} {adalah|ialah|merupakan|yakni} dengan {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} {perlengkapan|kelengkapan} komputer. {Anak|Si|Kecil|Buah|Hati} penelitian {menandakan|menggambarkan} bahwa {penerapan|pemakaian|pengaplikasian} komputer dalam {pelajaran} {si kecil|buah hati} {umur} dini {berakibat|berpengaruh|berimbas} pada {pelbagai|beragam|bermacam-macam|beraneka|bermacam|berjenis-jenis} aspek perkembangan {si kecil|buah hati}, {adalah|ialah|merupakan|yakni} interaksi sosial, sikap dan {semangat} {kepada} {pelajaran}, kompetensi komunikasi, matematika dan keterampilan penyelesaian {persoalan|problem|dilema|keadaan sulit|situasi sulit|permasalahan}. {Si|Kecil|Buah|Hati}-{si kecil|buah hati} {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} komputer dengan percaya, {berhasil} dan antusias.
{Saat|Ketika|Dikala} yang positif ini akan {didapatkan|didapat} {kalau|jikalau|bila|apabila|seandainya|sekiranya} {si kecil|buah hati} berada pada lingkungan yang {pas|ideal} –peran guru dan program/software serta adanya integrasi komputer dalam program {si kecil|buah hati} {umur} dini {cocok|layak|pantas} dengan filosofi program.
Disini guru berperan sebagai instruktur, pelatih, {contoh|teladan|figur} dan pengritik. {Anak|Si|Kecil|Buah|Hati} komputer baru {dikenalkan|diberi tahu|disajikan|disampaikan|dipersembahkan} pada {permulaan} {pelajaran}, dimana {si kecil|buah hati} {memerlukan} waktu untuk akrab, dan nyaman dengan teknologi, {karenanya} guru aktif dalam menginstruksi {si kecil|buah hati}, {menasihati|menasehati|mengarahkan|menuntun|memberi bimbingan|memberi nasihat|memberi nasehat|memberi pengarahan|memberi tuntunan|memberi arahan} mereka dengan software baru dan {mendukung|menunjang|menyokong|mensupport} mereka bereksplorasi. Kemudian berangsur-{cicil} berkurang, {saat|dikala} {si kecil|buah hati} {bisa} {melakukan|melaksanakan|menjalankan} tugas secara mandiri dan {sahabat} {sepermainan} mulai berperan sebagai instruktur. Guru kemudian berperan sebagai fasilitator, memberikan {nasihat|nasehat|pengarahan|tuntunan} dan dorongan {saat|dikala} {diperlukan} dan {menentukan|menetapkan|memutuskan|mempertimbangkan} perilaku yang {pas|ideal}, sementara {mengendalikan|mengatur|memegang|membatasi} {kondisi|keadaan}. {Si|Kecil|Buah|Hati}-{si kecil|buah hati} akan lebih mungkin {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} komputer secara praktis dan menggabungkan alat untuk {pelajaran} {kalau|jikalau|bila|apabila|seandainya|sekiranya} mereka {memperhatikan|mengamati|memandang} guru {melakukan|melaksanakan|menjalankan} hal yang sama. Peran sebagai pengritik, mulai sebelum komputer {dikenalkan|diberi tahu|disajikan|disampaikan|dipersembahkan} ke {si kecil|buah hati}. Guru menyediakan tantangan, lingkungan {pelajaran} yang {pas|ideal} dan katif memilih software yang {berkhasiat|berguna} untuk meningkatkan perkembangan dan {pelajaran} {si kecil|buah hati}.
Komputer mestinya {dikontrol|dikendalikan|dikuasai|dipegang|dibatasi} dengan software yang {cocok|layak|pantas} dengan perkembangan dan ditempatkan dalam lingkungan yang memungkinkan {si kecil|buah hati} {menerapkan|memakai|mengaplikasikan} {pelbagai|beragam|bermacam-macam|beraneka|bermacam|berjenis-jenis} panca {indra} dan mengundang mereka untuk {aktivitas|kesibukan} eksplorasi dan {inovasi|penemuan kreatif|temuan}.Kunci penting untuk kesuksesan {pelajaran} komputer dalam {pengajaran} {si kecil|buah hati} {umur} dini {ialah|merupakan|yaitu|yakni} {melihat|memperhatikan|mengamati} komputer sebagai sesuatu yang sama dengan bahan-bahan {pelajaran} (tradisional) lain dari pada sebagai sesuatu yang terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar