Sabtu, 12 Oktober 2019

Materi microsoft excel


MICROSOFT EXCEL

A. Pengantar Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah aplikasi program spreadsheet spreadsheet

dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft untuk Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan grafik yang baik, menggunakan strategi pemasaran yang agresif Microsoft, membuat Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di komputer mikro hingga saat ini. icrosoft Excel adalah perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, fungsi penggunaan, membuat grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk memecahkan masalah administrasi dimulai dengan yang paling sedernaha ke yang lebih kompleks. Sederhana masalah misalnya rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.

B. Fungsi Microsoft Excel

1. Hitung, dengan program ini kita dapat melakukan perhitungan atau perhitungan dengan mudah, apakah perhitungan sederhana atau rumus - rumus sangat kompleks.

2. Graphics, dengan program ini kita dapat menyajikan data kami dalam bentuk grafik yang komunikatif.

3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program telah dirancang untuk dapat bertukar informasi dalam bentuk jaringan di mana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang yang berbeda, bahkan dia bisa membuat perubahan pada lembar kerja yang sama pada waktu yang sama pula.

4. Internet, suatu hari nanti mungkin kita akan mengirim data dalam tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia, Microsoft Excel bisa melakukannya dengan sangat baik.

5. Otomatis, dengan Excel kita dapat menggunakan formulasi ketikkan.Dengan otomatis perhitungan data kami benar, maka Excel secara otomatis akan membuat perubahan data kami setiap kali perubahan.

6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai, dengan fasilitas makro.

C. Keuntungan dan Kerugian dari Microsoft Excel 2007

1. Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A dengan kolom XFD berakhir, versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta baris dalam Excel 2007, ada 1.048.576 mulai dari baris 1 dan berakhir pada baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.

2. Dalam Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi di Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 miliar.

3. memori yang digunakan dalam komputer, sekarang bisa sampai batas maksimum yang berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.

4. Jumlah warna unik dalam buku kerja dapat mencapai 4,3 miliar, hanya 56 yang sebelumnya.

5. Jumlah kondisi pada format kondisional fasilitas, Excel versi terbaru hanya dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.

6. Jumlah tingkat di fasilitas Sort atau pengurutan, saat ini sampai dengan 64 tingkat, perbandingan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 tingkat.

7. daftar Nomor pada menu drop-down di fasilitas Filter bisa mencapai 10.000, hanya 1.000 yang sebelumnya.

8. Jumlah maksimum karakter dalam formula diperbolehkan sampai 8000, sebelumnya hanya 1.000 karakter.

Beberapa kelemahan dari Excel 2007 adalah:

1. tabel Pivot yang mencakup banyak kolom / pertanyaan menghasilkan bentuk tabel atau crosstab bersarang atau bersarang, banyak orang belum mampu untuk membuat poros meja di satu tumpukan atau baris. Sehingga mau tidak mau membuat dua tabel pivot untuk setiap pertanyaan / kolom. Masalahnya adalah harus memperhitungkan jumlah kategori respon yang akan ditabulasi, karena poros otomatis akan menggunakan baris baru dan kolom samping / bawah sehingga jika selain yang ada atau di bawah poros meja lain, itu akan menjadi kesalahan.
2. Untuk meja besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing / update data, maka default Excel Workbook akan membuat proses Menghitung kecepatan tergantung pada prosesor dan RAM dari komputer.

3. Untuk menciptakan lapangan baru yang berisi pengkategorian kolom / menjawab pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat formula excel yang baik rumus matematika, logika dan teks.

D. Syarat di Excel 2007

Microsoft Excel adalah perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan, untuk menggunakan fungsi, membuat grafik dan perangkat lunak manajemen data.Perangkat sangat membantu untuk memecahkan masalah administrasi dimulai dengan yang paling sedernaha ke yang lebih kompleks. Sederhana kebutuhan masalah misalnya rencana termasuk barang namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh masalah yang lebih kompleks adalah membuat laporan keuangan (general ledger) yang membutuhkan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau tabel pivot atau menggunakan fungsi matematika atau logika dalam sebuah laporan. untuk rincian lebih lanjut dari fungsi-fungsi ini disampaikan pada paparan di bawah ini:

Istilah di Excel

a) Sel adalah bagian terkecil dari yng worksheet dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi sel dapat menjadi nilai, formula atau teks. Contoh: cell A3, cell D5

b) Lembar Kerja (Work sheet): adalah kumpulan dari 256 kolom dan 65.536 baris.

c) Workbook (buku kerja): merupakan kumpulan dari 256 lembar (berlabel sheet1 ke sheet 256)

d) Range: sekelompok sel yang akan perintah sesuai mendapataksi sama untuk menjalankan. Memberikan alamat / address dilakukan dari sel sudut kiri atas ke pojok kanan bawah sel. Contoh: A4: kisaran D6 → A4 dari sel ke sel D6

e) relatif Alamat: adalah alamat bahwa jika ditulis ke dalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika disalin ke sel lain.
Contoh: sel yang berisi rumus A5 * 6, B3 disalin formula C5 C5 berubah menjadi B8 * 6

f) Absolute Semi Alamat: adalah alamat yang ditulis dengan tanda $ di depan garis atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh: Sel B1 berisi formula $ A1 * 7, B1 disalin ke dalam rumus di D5 D5 menjadi $ A5 * 7

g) Alamat Absolut: alamat yang ditulis dengan tanda $ di depan garis dan tombol F4 kolom.tekan untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh: sel B1 berisi formula $ A $ 1 & 5, B1 disalin ke dalam rumus di C3 C3 menjadi $ A $ 1 * 5

h) Nama Box: menunjukkan sel / range yang aktif saat itu. Anda juga dapat membuat nama rentang melalui kotak nama di sebelah kiri formula bar. Contoh: Another nama Holla berbagai A5: G7

E. Fungsi Tombol:

· ← ↑ → ↓ Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah

· Tab Pindah satu sel ke kanan

13px; line-height: 19px; margin-left: 54pt; text-align: justify; text-indent: -18pt; "> · Masukkan Pindah satu sel ke bawah

· Shift + Tab Pindah satu sel ke kiri

· Shift + Enter Pindah satu sel ke atas

· Depan Pindah ke kolom A dari baris yang lagi dipilih

· Ctrl + Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja aktif

· Ctrl + End Pindah ke posisi sel terakhir yang lagi digunakan

· PgUp Pindah satu layar ke atas

· PgDn Pindah satu layar ke bawah

· Alt + PgUp Pindah satu layar ke kiri

· Alt + PgDn Pindah satu layar ke kanan

· Ctrl + PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar selanjutnya


· Ctrl + PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar selanjutnya

F. Penggunaan Rumus dan Fungsi 

Rumus dan fungsi dalam Excel mempunyai pengertian yang berbeda, rumus berupa instruksi matematika dalam suatu sel/run dalam lembar kerja dengan administrator aritmatik seperti : +,- , ,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam compositions perhitungan. Exceed expectations menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, query dan referensi, database, teks, dan lain-lain. 

1. Menggunakan Rumus (Formula) 

Rumus adalah bagian yang penting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan oleh rumus dan fungsi. Administrator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ; 

Lambang Fungsi: 

+ Penjumlahan 

– Pengurangan 

* Perkalian 

/Pembagian 

^ Perpangkatan 

% Persentase 

Compositions perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari administrator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang 

(- ). 

2. Macam-macam equation 

1. =SUM(… ) 

Fungsinya : Untuk melakukan penjumlahan 

Bentuk umum : =SUM(range sel) 

Contoh : Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 

sampai sel H15 

Penulisan : =SUM(H5:H15) 

2. =COUNT(… ) 

Fungsinya : Untuk melakukan counter 

Bentuk umum : =COUNT(range sel) 

Contoh : Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai 

yang berada di sel B5 sampai sel B15 

Penulisan : =COUNT(B5:B15) 

3. =MAX(… ) 

Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar) 

Bentuk umum : =MAX(range sel) 

Contoh : Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari 

sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel 

F17 

Penulisan : =MAX(F1:F17) 

4. =MIN(… ) 

Fungsinya : Untuk mencari nilai least (terkecil) 

Bentuk umum : =MIN(range sel) 

Contoh : Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari 

sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17 

Penulisan : =MIN(F1:F17) 

5. =AVERAGE(… ) 

Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata 

Bentuk umum : =AVERAGE (extend sel) 

Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari 

sel A11 sampai A17 

Penulisan : =AVERAGE(A11:A17) 

6. =ABS(… ) 

Fungsinya : Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam 

daftar argumennya menjadi bilangan mutlak 

(absolut) 

Bentuk umum : =ABS(range sel) 

Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui secara 

mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di sel 

F17 

Penulisan : =ABS(F17) 

7. =SQRT(… ) 

Fungsinya : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan 

X tidak boleh negatif 

Bentuk umum : =SQRT(range sel) 

Penulisan : = SQRT(25) 

8. =IF(… ;… ) 

Fungsinya : Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan 

sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat 

atau tidak) 

Bentuk umum: =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false) 

Contoh : Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu 

sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa 

dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan 

sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih besar sama 

dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan 

sebaliknya. 

Penulisan : =IF(F17>=60:"LULUS";"GAGAL") 

(artinya jika kolom F17 lebih besar sama dengan 

60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka 

GAGAL) 

Keterangan : 

Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakanValue_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false 

9. =DATE(Year,Month,Date) 

Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari 

Contoh : =DATE(73,8,11) à 26887 hari 

10. =VLOOKUP 

Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal 

Bentuk umum: =VLOOKUP(lookup_value; table_array; 

Col_index_num; Range_lookup) 

11. =HLOOKUP 

Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara level 

Bentuk umum: =HLOOKUP(lookup_value; table_array; 

Col_index_num; Range_lookup) 

12. =LEFT(… ;… ) 

Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu 

dari sebuah kiri 

Bentuk umum: =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil) 

Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di 

sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf 

Penulisan : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb 

13. =RIGHT(… ;… ) 

Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu 

dari sebuah kanan 

Bentuk umum: =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil) 

Contoh : Misal kita akan mengambil karakter yang ada di 

sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf 

Penulisan : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari 

14. =MID(… ;… ) 

Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu 

dengan sejumlah karakter tertentu 

Bentuk umum: =MID(teks;start_number; number_char) 

Contoh : Misal kita akan mengambil karakter baru yang 

ada di sel F17 (Februari) 


Penulisan : =MID(F17:3:3)
www.irechcourse.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORDER VIA WHATSAPP